NOVEMBER


Tidak banyak yang terjadi dalam kurun waktu Juli hingga November di dalam hidup saya. Pekerjaan biasa-biasa saja. Kehidupan rumah tangga pun demikian. Kehidupan sosial drastis berkurang. Saya sudah mengantisipasi bahwa pada suatu masa, alokasi waktu dalam hidup saya akan lebih banyak terserap untuk pekerjaan dan keluarga. Tahun ini, nomor satu masih pekerjaan. Kedua, keluarga.
Bukan, bukan saya menomorduakan keluarga, tetapi kesibukan saya dan Dena masih sama padatnya (atau akan selalu demikian sampai kami memutuskan untuk tidak begitu? Entahlah). Aktivitas kami padat yang benar-benar padat hingga akhir pekan hanya kami isi dengan hibernasi ataupun melakukan aktivitas masing-masing untuk mengisi energi. Saya lebih banyak membaca buku dan diam bengong tidak mengerjakan apa-apa di kasur. Dena lebih banyak mengunduh dan membaca komik dari iPad-nya. Sesekali menonton bioskop atau ke mal, tapi setelah dipikir-pikir dua hal tersebut pun semakin jarang dilakukan.

Meskipun pekerjaan rasanya menyita waktu sekali, tapi semakin ke sini saya semakin merasa bahwa dua tiga tahun pertama menjadi aparatur sipil negara tidak akan mengubah banyak hal dalam kehidupan pribadi dan karir seseorang. Oktober lalu saya datang reuni satu dekade Farmasi UI 2008. Melihat sekeliling, perjalanan karir teman-teman saya begitu melesat. Lalu saya melihat diri sendiri yang masih begini-begini saja (rumput tetangga memang selalu lebih hijau!).

Semoga selalu ingat untuk bekerja sebaik-baiknya apa pun peran yang sedang dijalankan. Semua orang berproses, dan saya percaya tidak ada yang sia-sia.

19:48 WIB
Di meja kerja,
menunggu Dena menyelesaikan pekerjaannya

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top