Tentang Tahun yang Berlalu dan Berganti Baru


Saya memulai mengetik unggahan ini seusai menulis beberapa target dan harapan tahun 2020 di buku yang baru dibeli dari Gramedia kemarin.

Januari 2019 rasanya baru beberapa minggu yang lalu. Saya belum sempat mengajukan proposal S2, belum sempat membaca Better than Before yang sudah dibeli dari entah kapan, belum berberes kamar dan melakukan decluttering, belum berani menyetir jauh, belum belajar banyak di kantor, tapi Januari 2020 telah datang. Kalau diingat-ingat, tidak banyak hal besar yang terjadi di hidup saya selama tahun 2019. Hidup berjalan seperti biasa. Sungguh sesuatu yang tak bisa terlalu dibanggakan mengingat kultur masa kini yang menuntut generasi saya untuk berfokus pada pengembangan diri, self-love, mengejar mimpi, dan seterusnya.

Saya sedikit banyak berharap tahun ini berbeda. Jika tahun 2019 bisa dibilang masa adaptasi, saya ingin tahun 2020 adalah masa saya untuk berlari. Target-target 2020 yang tadi pagi saya tuliskan di buku memang tidak jauh dari urusan pribadi dan keluarga, dan sekitarnya (sedikit), dan jika ditarik benang merah, seluruh targetan itu terhubung oleh satu hal yaitu kebutuhan menemukan kembali diri sendiri. Bagi saya, target hidup bukan tentang keinginan menjadi lebih baik dari orang lain (meskipun kalau dipikir-pikir perasaan itu ada juga), tetapi sudah menjadi kebutuhan dasar bagi keberadaan saya (saya tertawa dalam hati ketika mengetik ini, semoga saya tidak terdengar ambisius).

On a serious note, target tak ubahnya peta bagi saya. Saya sempat enggan menuliskan so-called-resolusi tahun 2020, tapi kemudian ingat bahwa tanpa target (peta) saya bisa kehilangan diri sendiri, dan itu rasanya sangat tidak menyenangkan. Mempertanyakan diri sendiri, insecure, dan merasa terancam setiap kali orang lain mencapai sesuatu. Tahun ini saya berusaha fokus pada diri sendiri, menjadi pemimpin bagi diri sendiri sehingga bisa disiplin dalam menjalankan komitmen yang sudah ditulis di awal tahun.

Kalaupun nantinya ada beberapa yang tidak terpenuhi, tidak apa-apa. Semoga tetap ada pelajaran yang bisa diambil.

Tangerang
03 Januari 2020
Sambil menunggu hujan reda

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar

Back
to top